Saturday, March 24, 2007

Perkawinan Campuran

PROSEDUR PERKAWINAN CAMPURAN DI INDONESIA
Pesan sekaligus tanggapan singkat yang disampaikan oleh Sdri. Ayu terhadap artikel mengenai Perkawinan Campuran serta berbagai pertanyaan sejenis dari beberapa masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di New Delhi, telah membawa saya pada suatu kesimpulan sederhana bahwa di saat sekarang ini banyak terdapat masyarakat Indonesia yang hendak melakukan perkawinan campuran (perkawinan beda kewarganegaraan) namun terkendala atau setidaknya minimn akan informasi hal tersebut.

Oleh karena itu dalam artikel berikut, saya sampaikan informasi dasar lainnya mengenai hal-hal yang terkait dengan perkawinan campuran, khususnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan menikah di Indonesia dengan laki-laki Warga Negara Asing (WNA) berdasarkan UU yang berlaku saat ini (UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan).

1. Perkawinan Campuran

Perkawinan antara dua orang yang di Indonesia tunduk pada hukum yang berlainan, karena perbedaan kewarganegaraan, dikenal dengan Perkawinan Campuran (pasal 57 UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan). Artinya perkawinan yang akan anda lakukan adalah perkawinan campuran.

2. Sesuai dengan UU Yang Berlaku

Perkawinan Campuran yang dilangsungkan di Indonesia dilakukan menurut Undang-Undang Perkawinan dan harus memenuhi syarat-syarat perkawinan. Syarat Perkawinan diantaranya: ada persetujuan kedua calon mempelai, izin dari kedua orangtua/wali bagi yang belum berumur 21 tahun, dan sebagaimua (lihat pasal 6 UU Perkawinan).

3. Surat Keterangan dari Pegawai Pencatat Perkawinan

Bila semua syarat telah terpenuhi, anda dapat meminta pegawai pencatat perkawinan untuk memberikan Surat Keterangan dari pegawai pencatat perkawinan masing-masing pihak, --anda dan calon suami anda,-- (pasal 60 ayat 1 UU Perkawinan). Surat Keterangan ini berisi keterangan bahwa benar syarat telah terpenuhi dan tidak ada rintangan untuk melangsungkan perkawinan. Bila petugas pencatat perkawinan menolak memberikan surat keterangan, maka anda dapat meminta Pengadilan memberikan Surat Keputusan, yang menyatakan bahwa penolakannya tidak beralasan (pasal 60 ayat 3 UU Perkawinan).

Surat Keterangan atau Surat Keputusan Pengganti Keterangan ini berlaku selama enam bulan. Jika selama waktu tersebut, perkawinan belum dilaksanakan, maka Surat Keterangan atau Surat Keputusan tidak mempunyai kekuatan lagi (pasal 60 ayat 5 UU Perkawinan).

4. Surat-surat yang harus dipersiapkan

Ada beberapa surat lain yang juga harus disiapkan, yakni:

a. Untuk calon suami

Anda harus meminta calon suami anda untuk melengkapi surat-surat dari daerah atau negara asalnya. Untuk dapat menikah di Indonesia, ia juga harus menyerahkan "Surat Keterangan" yang menyatakan bahwa ia dapat kawin dan akan kawin dengan WNI. SK ini dikeluarkan oleh instansi yang berwenang di negaranya. Selain itu harus pula dilampirkan:
  • Fotokopi Identitas Diri (KTP/pasport)
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Surat Keterangan bahwa ia tidak sedang dalam status kawin;atau
  • Akte Cerai bila sudah pernah kawin; atau
  • Akte Kematian istri bila istri meninggal
  • Surat-surat tersebut lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penterjemah yang disumpah dan kemudian harus dilegalisir oleh Kedutaan Negara WNA tersebut yang ada di Indonesia.
b. Untuk anda, sebagai calon istri

Anda harus melengkapi diri anda dengan:
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Data orang tua calon mempelai
  • Surat pengantar dari RT/RW yang menyatakan bahwa anda tidak ada halangan bagi anda untuk melangsungkan perkawinan
6. Pencatatan Perkawinan (pasal 61 ayat 1 UU Perkawinan)

Pencatatan perkawinan ini dimaksudkan untuk memperoleh kutipan Akta Perkawinan (kutipan buku nikah) oleh pegawai yang berwenang. Bagi yang beragama Islam, pencatatan dilakukan oleh pegawai Pencatat Nikah atau Pembantu Pegawai Pencatat Nikah Talak Cerai Rujuk. Sedang bagi yang Non Islam, pencatatan dilakukan oleh Pegawai Kantor Catatan Sipil.

7. Legalisir Kutipan Akta Perkawinan

Kutipan Akta Perkawinan yang telah anda dapatkan, masih harus dilegalisir di Departemen Hukum dan HAM dan Departemen Luar Negeri, serta didaftarkan di Kedutaan negara asal suami.

Dengan adanya legalisasi itu, maka perkawinan anda sudah sah dan diterima secara internasional, baik bagi hukum di negara asal suami, maupun menurut hukum di Indonesia

8. Konsekuensi Hukum

Ada beberapa konsekuensi yang harus anda terima bila anda menikah dengan seorang WNA. Salah satunya yang terpenting yaitu terkait dengan status anak. Berdasarkan UU Kewarganegaraan terbaru, anak yang lahir dari perkawinan seorang wanita WNI dengan pria WNA, maupun anak yang lahir dari perkawinan seorang wanita WNA dengan pria WNI, kini sama-sama telah diakui sebagai warga negara Indonesia. Anak tersebut akan berkewarganegaraan ganda, dan setelah anak berusia 18 tahun atau sudah kawin maka ia harus menentukan pilihannya.

Pernyataan untuk memilih tersebut harus disampaikan paling lambat 3 (tiga) tahun setelah anak berusia 18 tahun atau setelah kawin. Jadi bersiaplah untuk mengurus prosedural pemilihan kewarganegaraan anak anda selanjutnya.

Semoga mencerahkan dan have a nice weekend readers..

Catatan:
  • Bagi perkawinan campuran yang dilangsungkan di luar Indonesia, harus didaftarkan di kantor Catatan Sipil paling lambat 1 (satu) tahun setelah yang bersangkutan kembali ke Indonesia. Bila tidak, maka perkawinan anda belum diakui oleh hukum kita. Surat bukti perkawinan itu didaftarkan di Kantor Pencatatan Perkawinan tempat tinggal anda di Indonesia (pasal 56 ayat (2) UU No 1/74).
Referensi Utama: LI Seri 45 - LBH APIK Jakarta

Artikel terkait:
1. Status Hukum Anak Perkawinan Campuran
2. Status Anak Luar Kawin Perkawinan Campuran




92 comments:

Johann said...

gimana caranya nikah campur tanpa catatan di kantor sipil, maksudku kalo mau nikah di gereja saja. Rencanaku mau nikah di gereja di Indonesia dan nikah di Kantor Catatan Sipil di negara Belanda menurut UU Belanda. Trus apakah akte nikah (belanda) bisa daftar di Catatan Sipil di Indonesia juga?

Dinara said...

katanya surat2 nya juga harus ada surat kesehatan,,,trus kalo yg ganti agama,,,,harus ada surat yg menyatakan dia ganti agama...?

Agustina said...

Bagaimana jika calon suami masih status menikah dan belum cerai. Apakah tidah boleh menikahi WNI

sofie said...

Kalau mau dapat informasi yang selengkap-lengkapnya, aku harus kemana ya? Apakah ke embassy, departmen agama dan departmen luar negeri?

Diah said...

Terima kasih untuk info mengenai prosedur pernikahan campuran. Akan tetapi, apakah saya bisa memperoleh yang dalam bah. Inggris?

Anonymous said...

Terimakasih atas infonya,

Kalo dia hanya status pisah dengan istrinya dan istrinya tidak mau di cerai apakah pernikahan dapat dilangsungkan?
dan boleh gak dibantu untuk dapat versi bahasa Inggrisnya tentang persyaratannya dan di kirim japri ke marlinawidyastuti@yahoo.com.

Thank you ya...

Anonymous said...

terima kasih atas infonya mengenai pernikahan campuran
apa saya bisa mendapatkan dalam versi bahasa prancisnya?

Addison said...

Terima kasih untuk info tersebut tapi saya ingin tahu sebab untk kewarganegaraan tersebut Malaysia hanya mengakui satu warganegara bukannya dwi. Jadi saya harus gimana? Kalo saya ingin membuat pendaftaran untuk anak saya menjadi warga negara Malaysia prosesnya harus gimana? Untuk info yg lengkap saya seharusnya ke embassy, departmen agama dan departmen luar negeri? Apakah pesyaratannya yg saya harus ikuti? Makasih

Anonymous said...

Terima kasih untuk info-nya, bisakah saya minta bantuan untuk mengirimkan versi bahasa Inggrisnya untuk prosedur tersebut? tolong dapat dikirim japri ke cleopatra1712@yahoo.com
much bunch of thanks in advance...

Anonymous said...

mas Faiz, infonya berguna sekali. hum... apakah aku bisa dapetin info ini dalam versi bahasa prancisnya? atau kalo memang tidak memungkinkan, versi bahasa inggrisnya juga ga papa. tolong di email ke jesuislatomate@hotmail.com.
sekali lagi, makasih banyak ya mas

Irene said...

Mau tanya donk...
Saya dan suami dua2nya WNI (suami saya keturunan China), tapi pegang passport indonesia, kami menikah secara gereja di Indonesia tetapi catatan sipilnya di Jerman, dan pernikahan ini sudah didaftarkan di KBRI kita di Hamburg. Pertanyaannya, sekarang kita dah balik ke Indonesia, apa kita harus mencatatkan pernikahan kita ke Catatan Sipil disini, karena kita dah punya Kartu Keluarga. Akte kelahiran anak juga akte kelahiran Jerman, begitu juga akte perkawinan.
Mohon advise donk Mas, langkah2 yang harus kita lakukan, tolong e-mail ke kurniawanria@gmail.com; makasih banget sebelumnya...

Anonymous said...

thanks banget informasinya...

Anonymous said...

thanks banget infonya..sangat bantu tapi bisa ga aku dpt versi bhs inggrisnya...trus dia kan pernah menikah & yg pertama meninggal yg kedua cerai apakh hrus keduany surat2 dilampirkan..atau bisa salahsatunya saja? dan stu lagi lama tidak mengurus semuanya karena rencanany tinggal dua bulan lagi kami menikah...tolong kirim infonya ya ke sucimedityasari@yahoo.com

renny said...

berguna sekali infonya..
thx so much...
but can i have it in english??
supaya gampang ngejelasinnya ke calon suami.
bisa dikirim ke sibolahau@yahoo.com

thx so much..
ren

Anonymous said...

ada versi bahasa perancisnya ga? mau dong...

Anonymous said...

Minta tlg versi bahasa inggris nya kalo bisa di japri ke dheira1@yahoo.co.id.
Thanks so much

arya said...

Saya berumur 35 tahun, dan saya akan menikah dengan orang asing, dan rencana pernikahannya akan dilangsungkan di Indonesia.Saya masih binggung;
1.apa persyaratannya untuk calon istri saya WNA
2.apa yang saya lakukan sebelum melangsungkan pernikahan, apa saya harus melapor ke catatan sipil dulu?
3.setelah pernikahan kemana saya harus mengesahkan surat aktenya?

sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

almana

clara said...

Terimakasih atas infonya Mas Faiz.
Berguna sekali buat saya. Boleh saya dapatkan informasinya dalam bentuk bahasa Inggris?
Dan situasi saya sekarang sudah menikah di Canada dan tercatat secara sipil. Rencananya tahun depan kami mau menikah secara Indonesia, bagaimana prosedure yang benar karena suami saya WNA canada, dan saya berencana mau membawa anak saya untuk tinggal bersama kami di Canada. Mohon informasinya , terima kasih

Anonymous said...

kl mau menikah dengan org jepang di indonesia.dokumen apa aza yg di perlukan?tolong email ke murata_ferry@yahoo.com
sebelomnya terima kasih.

Nur said...

Pak, informasinya membantu sekali !!
Boleh kah minta dalam bahasa Inggris ? Amat sangat membutuhkan karena calon saya ngotot katanya tidak perlu ke Kedubesnya di Jakarta untuk meminta surat keterangan. Memang yang saya dengar di negara lain aturan tidak seruwet di Indonesia untuk prosedur pernikahan. Belum masih buannnyaaakkkkk oknum-oknum KUA yang mempersulit dan niat minta uang.
aini2429@gmail.com

TErima kasih, maaf atas uneq-uneqnya..

Noor

Thinker Bell said...

Mas Faiz,

Aku mohon dijelasin step by step, saya mau nikah sama cowok prancis, prosedur apa saja yang saya harus lakukan untuk mengurus surat nikah & legalisasi ke kedutaan prancis?

Mohon dibalas. Terima kasih yang sebesar besarnya

Anonymous said...

Mas Faiz,

Aku mohon dijelasin step by step, saya mau nikah sama cowok timor leste, prosedur apa saja yang saya harus lakukan untuk mengurus surat nikah & legalisasi ke kedutaan? Dan kami merencanakan untuk menikah secara Islam.

Mohon dibalas. Terima kasih yang sebesar besarnya

Anonymous said...

makasih banyak infonya tp apa saya bs dapatkan dlm versi bhs Inggris?saya mau nunjukin ke calon suami.apa prosedur ini bisa digunakan jika calon suami warga negara Amerika Serikat dan bermaksud untuk menjadi muslim?mohon infonya bs dikirim ke gorgeous_5th@yahoo.com
terima kasih sebesar-besarnya

rara mahanani said...

Dear mas,

saya mau tanya ttg pernikahan dengan orang India.
bagaimanakah prosedurnya ya?
ada kemungkinan setelah menikah saya akan pindah menjadi WNA.

Rencana saya menikah masih thaun depan akan tetapi saya masih tidak tahu sama sekali dana ingin mengetahui prosedur2 yang efisien....

Anonymous said...

Mas faiz, mohon bantuaannya sekarang saya dekat dengan wna china namun di negaranya dia sudah beristri saya harus menikah sama dia,bisa ndak ya tolong saya diberi info gimana caranya saya bisa nikah sama dia disini...tolong infonya dikirim via email ke yemima_baptism@yahoo.com thaks banget sebelumnya

Anonymous said...

terima kasih atas infonya bila perlu cari yang lain

Anonymous said...

terima kasih atas infonya bila perlu cari yang lain

Anonymous said...

Mas Faiz,
ada artikel dalam bahasa Perancis-nya ga ya, atau paling tidak dalam bhs Inggris?

Oh ya, mengenai ijin tinggal calon suami saya, saya harus contact ke departemen mana ya?

Thanks

Anonymous said...

Terima kasih banyak informasinya. tapi seperti yang lainnya saya perlu dalam bahasa inggris untuk prosedur perkawinan campuran di indonesia untuk bisa saya kasih ke dia untuk dia pelajari dan dia bawa saat datang ke indonesia
mohon ya mas Faiz dikirim ke exotic.nayla@yahoo.com

Anonymous said...

Ussalam-o-Alaikum,

i will be so great full if some one translate this page to English and send it to me on my mail.

rehan_manzoor_ch@yahoo.com

thanks
Allah Hafiz

Lina said...

hi, mau tanya tentang pelegalisiran akte or buku nikah,saya menikah dikatim dengan warga USA, apakah untuk pelegalisiran buku nikah harus di kantor dept hukum dan ham provinsi kaltim ditempat saya menikah atau bisa saya langsung daptarkan di dept ham dan hukum jakarta.
terimakasih

Anonymous said...

saya mo nikah sm org vietnam.tp masih kurang paham,berita persaratan msh tk jelas,mohon bantuan.dia non muslam ,tp sy muslim,dy mau msk muslim.sy m dtg sn, tp blm m mnikah,tp sekalian bw surat nikah indonesia.katanya cm berlaku 6bulan. pdhl mgkn 1 thn lg br m nikah. tolong kirim j balasan k email saya haifitkus@yahoo.com

Anonymous said...

saya mo nikah sm org vietnam.tp masih kurang paham,berita persaratan msh tk jelas,mohon bantuan.dia non muslam ,tp sy muslim,dy mau msk muslim.sy m dtg sn, tp blm m mnikah,tp sekalian bw surat nikah indonesia.katanya cm berlaku 6bulan. pdhl mgkn 1 thn lg br m nikah. tolong kirim j balasan k email saya haifitkus@yahoo.com

Anonymous said...

Terimakasih atas info perkawinan campuran ini sangat saya butuhkan, tapi bisakah mas Faiz mengirimkan ke saya dalam bahasa Inggris ke email saya: heraroza@yahoo.com
Calon suami saya adalah warga negara Inggris, pernah menikah tapi istrinya telah meninggal dunia, kemanakah sebaiknya saya bisa berkonsultasi untuk pernikahan campuran seperti ini?Terimakasih atas info nya.

Nina77 said...

Saya mau tanya nih, saya dengar2 sekarang ini pemerintah kita menetapkan bahwa kalau kita menikah dengan orang asing (bule) sang calon suami harus menaruh jaminan USD$50,000. Apakah itu benar? Kalaupun itu benar, akan dikemanakan uang tersebut? Untuk apa uang tersebut? Kalau seumpama itu uang untuk jaminan SANG ISTRI jika suatu saat nanti bercerai...mungkin masuk akal. Tapi manusia mana yang mau bercerai?? Kalau tidak bercerai, akan di kemanakan uang tersebut?? Akan menjadi milik siapa? Karena uang itu adalah bukan uang sedikit....kalau sang calon suami tidak mempunyai uang sebanyak tersebut, lalu apa yang harus dilakukan? Menurut saya hal tersebut sama sekali tidak menyenangkan bagi orang2 seperti saya yang ingin menikah dengan pria asing. Tolong di respond dalam versi inggris agar saya bisa menjelaskan/forward ke calon suami saya. Tolong di email ke: lovelynina77@yahoo.com

Saya berharap mendapatkan jawaban yang jelas & akurat. Terima kasih

Anonymous said...

saya akan menikah dengan warga negara belanda,tapi terganjal dengan undang2 disana yang mewajibkan calon suami saya harus memiliki salary dalam jumlah yang dipersyaratkan oleh hukum disana.bagaimana agar kami bisa mendapat ijin perkawinan kami tanpa melihat dari segi financial calon suami saya?
terimakasih

Anonymous said...

Saya mau menikah dengan pria German. Saya sudah bertanya kepada teman2, tapi mereka belum bisa memberikan informasi yang jelas. Dokumen-dokumen saya sebagai WNI telah saya siapkan. Kemana saya harus pergi dan apa langkah yang harus saya lakukan selanjutnya. Trimakasih atas informasinya.

Andri said...

Saya mau menikah dengan pria German. Saya sudah bertanya kepada teman2, tapi mereka belum bisa memberikan informasi yang jelas. Dokumen-dokumen saya sebagai WNI telah saya siapkan. Kemana saya harus pergi dan apa langkah yang harus saya lakukan selanjutnya.
Tolong informasinya ke ndri_andri@yahoo.com
Trimakasih atas informasinya.

Anonymous said...

maaf nih, mohon pencerahan...., saudara saya (mba "H")punya suami WN malaysia (bang "M") (menikah resmi) yang menuntut cerai karena sudah menikah lagi dengan wanita WNI (sudah 1 tahun tanpa sepengetahuan saudara saya)
Mba H dan Bang M dikaruniai 2 anak perempuan. Dalam proses perceraian ini Mba M menuntut tanggungjawab Bang M untuk membiayai sekolah kedua anaknya sampai selesai perguruan tinggi (saat ini sekolah SD kelas 5 dan SMP kelas 3), tetapi bang M tidak bersedia.
pertanyaannya, upaya apa yang dilakukan agar keinginan mba H bisa terpenuhi, tks (trus57@yahoo.com)

obing said...

maaf nih, mohon pencerahan...., saudara saya (mba "H")punya suami WN malaysia (bang "M") (menikah resmi) yang menuntut cerai karena sudah menikah lagi dengan wanita WNI (sudah 1 tahun tanpa sepengetahuan saudara saya)
Mba H dan Bang M dikaruniai 2 anak perempuan. Dalam proses perceraian ini Mba M menuntut tanggungjawab Bang M untuk membiayai sekolah kedua anaknya sampai selesai perguruan tinggi (saat ini sekolah SD kelas 5 dan SMP kelas 3), tetapi bang M tidak bersedia.
pertanyaannya, upaya apa yang dilakukan agar keinginan mba H bisa terpenuhi, tks (trus57@yahoo.com)

Anonymous said...

yg ftocopy passport di legalisir ngak?klo wna tidak ada kedutaan sini bagaimana?

liza said...

tolong informasinya mengenai pernikahan beda warganegara,apakah Pihak WNA diharuskan membayar sejumlah uang sebagai deposit?

liza said...

bagaimana saya mendapat informasi selengkapnya apakah harus datang di embassy atau imigrasi atau ada website yang bisa dikunjungi

more said...

haloo.. tks buat keterangan hukumnya.. tolong info donk persyaratan resmi hukum yg hrs dilengkapi kl saya akan menikah digerman dengan warga negara german.. boleh ga dalam versi indonesia dan german.. tks bgt ya.. email, more_sweet81@yahoo.co.id

Anonymous said...

saya mohon petunjuk.. saya dgr bakal diminta uang jaminan utk wna yg akan menikahi wni?? apa bnr???

Anonymous said...

trims utk infonya. bisa bantuannya untuk versi Inggris di email ke putriastia@yahoo.co.id
karena 3 bulan lagi kami akan menikah. serta tolong diinfokan detail persyaratan untuk menikah dengan WNA Egypt (pria). terimakasih
Putri

Anonymous said...

Pak..saya akan menikah dengan orang warga negara india. Yang mau saya tanyakan bisakah saya tinggal bersama dia di india ? dokumen apa yang harus saya siapkan ?
Saya mohon infonya pak..bisa di email di dewi_sweet33@yahoo.com. Terima kasih.

Anonymous said...

Mohon di jelaskan tata cara dan cara menikah dengan WNA dalam versi bahasa inggris dan pakistan. Mohon email ke yeny@ymail.com. terima kasih atas bantuan dan penjelasannya.

wiwik said...

pak saya wanita WNI ingin menikah dengan pria berkebangsaan Inggris.
mohon dijelaskan prosedur yang harus dilengkapi versi bahasa inggris, agar saya bisa kirimkan ke calon suami saya.
mohon diemail ke w1w1kaja@yahoo.co.id.
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

Anonymous said...

Hallo, saya berencana menikah dengan pria WNA tahun ini. Dapatkah kami menikah dengan tetap menganut agama masing2, untuk diketahui saya beragama Islam sedangkan calon suami saya beragama Kristen. Karena hal tersebut kemungkinan kami akan melakukan pernikahan di negara asal calon suami, setelah itu dapatkah pernikahan tersebut kami daftarkan di Kantor Catatan Sipil di Indonesia? Kemudian saya pernah mendengar bahwa bila pria asing menikah dengan wanita WNI, ada sejumlah jaminan yang harus disetorkan. Pertanyaan saya mengingat jumlah tersebut tidak sedikit adalah, akan dipakai untuk apa jaminan tersebut, dijaminkan untuk jangka waktu berapa lama dan dibayarkan kemana? Seandainya terjadi perceraian apakah jaminan tersebut akan dikembalikan kepada pria WNA atau diberikan kepada wanita WNI-nya? Bila tidak terjadi perceraian, uang itu diurus oleh siapa dan untuk kepentingan apa dan seberapa lama? (Tidak satupun orang merencanakan perceraian. Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih. Bila memungkinkan dapatkah jawaban di email ke renee.wahono@gmail.com

Anonymous said...

saya tantri. saya berencana menikah dengan pria muslim warga negara Algeria. calon suami saya saat ini sedang berproses untuk bercerai dan sudah tinggal berpisah rumah kurang lebih 5 tahun dengan istrinya. proses cerai tersebut masih membutuhkan waktu. istrinya warga negara denmark, sudah beragama Islam dan mereka masih tinggal di Denmark sampai saat ini. menurut calon suami, apabila ada wanita lain bersamanya (entah pacar atau tunangan maksudnya, saya kurang tahu) maka proses cerai tersebut akan dipercepat prosesnya oleh pemerintahan Denmark.
dari bolg ini saya ketahui bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon suami saya adalah surat keterangan bahwa tidak sedang ada ikatan perkawinan lain. seperti kita ketahui bahwa pria muslim boleh menikah lebih dari satu hingga 4 istri. dan dia juga berasal dari negara islam atau mayoritas penduduknya beragama islam (Algeria).
Apa saran anda untuk kasus saya ini. Apakah kami harus menunggu proses perceraiannya selesai? sedang dia menginginkan menikah dengan saya lebih dahulu supaya saya bisa bersamanyaa sehingga dapat mempercepat penyelesaian perceraiannya. apakah kami bisa melangsungkan pernikahan karena sebenarnya dia boleh menikah lagi (sebagai seorang muslim) sekalipun belum memiliki surat cerai dengan istri sebelumnya?
mohon bantuan penjelasannya, dan saya akan sangat berterima kasih bila jawaban juga bisa anda forward ke email saya tantrimira@gmail.com terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.
tantri

Anonymous said...

saya tantri. saya berencana menikah dengan pria muslim warga negara Algeria. calon suami saya saat ini sedang berproses untuk bercerai dan sudah tinggal berpisah rumah kurang lebih 5 tahun dengan istrinya. proses cerai tersebut masih membutuhkan waktu. istrinya warga negara denmark, sudah beragama Islam dan mereka masih tinggal di Denmark sampai saat ini. menurut calon suami, apabila ada wanita lain bersamanya (entah pacar atau tunangan maksudnya, saya kurang tahu) maka proses cerai tersebut akan dipercepat prosesnya oleh pemerintahan Denmark.
dari bolg ini saya ketahui bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon suami saya adalah surat keterangan bahwa tidak sedang ada ikatan perkawinan lain. seperti kita ketahui bahwa pria muslim boleh menikah lebih dari satu hingga 4 istri. dan dia juga berasal dari negara islam atau mayoritas penduduknya beragama islam (Algeria).
Apa saran anda untuk kasus saya ini. Apakah kami harus menunggu proses perceraiannya selesai? sedang dia menginginkan menikah dengan saya lebih dahulu supaya saya bisa bersamanyaa sehingga dapat mempercepat penyelesaian perceraiannya. apakah kami bisa melangsungkan pernikahan karena sebenarnya dia boleh menikah lagi (sebagai seorang muslim) sekalipun belum memiliki surat cerai dengan istri sebelumnya?
mohon bantuan penjelasannya, dan saya akan sangat berterima kasih bila jawaban juga bisa anda forward ke email saya tantrimira@gmail.com terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.
tantri

Anonymous said...

Mohon di jelaskan tata cara dan cara menikah dengan WNA dalam versi bahasa inggris dan pakistan. Mohon email ke pinky_dombret@yahoo.com. terima kasih atas bantuan dan penjelasannya.

Anonymous said...

apa benar pria WNA yang mau menikah dengan WNI harus membayar sejumlah uang? kalua saya tidak salah sekitar 500juta rupiah? tolong info secepatnya, kirim ke email saya Agnez_sweetandsmart@yahoo.com terima kasih.

Anonymous said...

Bisa minta tolong kirimkan veris englishnya ke funny_blu3@yahoo.com
thx a lot

Anonymous said...

Bermanfaat sekali infonya... terimakasih. Gimana kalo calon istri adalah WNI janda punya putri 11 th dan 7 thn akan menikah dengan WNA duda cerai mati berputri 8th. Dulu (8 th lalu) calon mempelai wanita diceraikan mantan suami karena ada WIL. Si mantan suami masih membiayai anak2 dari mantan istri secara ekonomi tapi terasa berat karena sudah beristri lagi dan dikaruaniai 1 putri. Calon suami akan membawa calon istri dan anak2 nya ke US dan bersedia menyekolahkan semua anak2 calon istri disana. Bagaimana secara hukum? Bagaimana memberi pengertian mantan suami supaya ikhlas anak-anak ikut ibunya dan keluarga baru? Tolong beri jawaban ke ariira.1411@gmail.com. We need it so badly. Thank you so much.

Anonymous said...

wassalam,,,

november 2010 saya menikah dgn Lelaki warga negara Jerman di JErman, pertanyaan saya :
1. Apakah saya bisa melaporkan pernikahan saya lewat kedutaan Indonesia di Jerman atau saya harus kembali ke JAkarta untuk melaporkannya ?

2.Jika lewat dr setahun saya blm juga melaporkan pernikahan saya, apakah ada Denda yang hrs saya bayar ?

3. Sehubungan dgn isu bahwa jika WNI menikah dgn WNA maka mereka harus membayar sejumlah uang ke Pemerintah Indonesia. apakah itu sudah berlaku dan Nilainya berapa ?

Terimakasih,,,,,

nenden said...

halo,mas..saya ada beberapa pertanyaan
1. yg dimaksud penterjemah itu penterjemah yg ada di kedutaan atau kita harus mencari penterjemah sendiri untuk menterjemahkan dokumen tsb?klo iya dimana saya bisa menemukannya,calon suami saya warga negara yunani

2. apabila sudah menikah dan persyaratannya tidak ada masalah,apakah saya bisa langsung ikut suami ke negaranya atau harus menunggu dokumen lain sebagai sirat izin tinggal disana,,kalau iya berapa lama untuk menunggu?

mohon jawabannya
trims

MISS CAPELLA'S BLOG said...

Hi, saya ingin menikah dengan warga negara pakistan. mohon bantuannya untuk menjelaskan langkah-langkah dan syarat menikah di KUA Aceh. Terima kasih sebelumnya. email saya:
yeni.agustiarni@yahoo.com

mohon balasannya ya...

Anonymous said...

Pak sy Mau tanya apakah benar jika wna akan menikahi wni d indonesia harus menjamin 500 juta?sy minta dlm bhs inggrisnya tuk cara /syarat pernikahan d indonesia,tlng kirim k email sy rene_savitri09@live.com
trimakasih banyak

Anonymous said...

hello, boleh dong minta tolong di shared doc utk nikah dg wna uk (kami ssama2 katolik)trus apa stlh nikah bs langsung ikut suami ke uk, sementara sy mo nikah 3 bulan lg. tolong send ke email sy gvenus888@yahoo.com sekalian versi ingrisnya ya...thnx

Anonymous said...

Yang ingin sy tanyakan adalah:
1. Apakah benar bahwa jika menikah dgn WNA, kami harus membayar sejumlah uang (seperti deposit)? Jika iya, itu sangat tidak masuk akal krn (setahu sy) jumlahnya sangat besar.
2. Syarat apa saja yg harus sy dan calon suami sy (WN Amrik) siapkan utk menikah di Indonesia?
3. Berapa kira2 biaya utk pengurusan dokumen2 tsb? dan brp lama prosesnya?
4. Kami berencana utk menikah dulu di Jak, kemudian sy berencana apply Tourist Visa utk bisa berangkat ke US setelah menikah. Utk sementara waktu sy hanya akan apply Tourist Visa dulu karena sy belum berencana utk tinggal atau menetap di negara asalnya, setidaknya sampai sy/kami memutuskan apakah sy akan tinggal disana atau tidak. Apakah sy bisa melakukan itu? atau apakah sy harus mengurus Spouse Visa jika sy ingin pergi kesana? Lagipula utk apply Spouse Visa akan memakan waktu yg sangat lama, sementara dia berharap sy bisa datang dan mengunjungi dia sekali-kali setelah menikah.

Kalo bisa surat responnya dalam bahasa Inggris utk memudahkan sy menjelaskan ini ke dia. Atas perhatiannya, terimakasih.

Anonymous said...

1. Kami berencana menikah dulu di Jak, kemudian sy akan apply Tourist Visa utk bisa pergi ke US setelah menikah. Sy hanya akan apply Tourist Visa (utk saat ini) karena sy belum berencana utk tinggal atau menetap di Amrik, setidaknya sampai sy/kami memutuskan apakah sy akan tinggal disana atau tidak. Apakah sy bisa melakukan itu? atau apakah sy harus mengurus Spouse Visa jika sy ingin pergi kesana? Utk apply SpouseVisa akan memakan waktu lama, sementara dia berharap sy bisa dtng dan mengunjungi dia sekali-kali setelah menikah.
2. Apakah benar bahwa mereka harus membayar sejumlah uang (seperti deposit) jika menikah dgn WNI? Jika iya, itu tidak masuk akal krn jumlahnya sangat besar.
3. Syarat apa saja yg harus saya dan calon suami sy (WN Amrik) siapkan utk menikah di Indonesia? dan brp lama prosesnya?

Tolong email ke klasika73@yahoo.com dalam bahasa Inggris utk memudahkan sy menjelaskan ini. Tengkyu. -M-

Anonymous said...

saya mahu tanya kes penceraian..

-suami isteri warga indonesia, tetapi isteri berkerja di malaysia sebagai pembantu rumah.bolehkah proses penceraian itu di selesai di malaysia???

-Saya mahu proses penceraian bagaimana di Indonesia sekiranya si isteri berkerja di malaysia.

Anonymous said...

Hi,... Saya WNI berencana akan menikah dgn pria WNA di USA dan menetap disana. Apa yg harus saya siapkan ? Dan apakah lebih baik saya pindah warga negara atau tetap WNI. Thanks

Anonymous said...

saya menikah di bandung sama orand kanada, pertanyaan nya, apakah pernikahan kami di akui oleh pemerintah kanada?

Anonymous said...

Terima kasih untuk info-nya, bisakah saya minta bantuan untuk mengirimkan versi bahasa Inggrisnya untuk prosedur tersebut? tolong dapat dikirim japri ke indonesia.bern@gmail.com
Tengkyu. -Lina-

Anonymous said...

Nama saya Imas, status saya janda mati. Saya WNI. Saya akan menikah dengan WNA Amerika. Statusnya juga duda mati. Pernikahan akan dilangsungkan di Indonesia. Kami sama- sama beragama Islam. Dan pernikahan akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Persyaratan apa yang harus saya siapkan sebagai WNI ( calon isteri) dan calon suami saya WNA. Mohon dibantu informasi dan penjelasan lebih detail. Jika berkenan, mohon jawabannya menggunakan bahasa Inggris, agar bisa dipelajari calon suami saya. Jawaban bisa di email ke; siti.maslaha@yahoo.com. Jawabannya sangat saya harapkan dan tunggu. Terima kasih.

BM SHOP SPECIALIS BLACKBERRY DAN ANDROID said...

selain pasport,akta lahir,sutat keterangan apakah terikat pernikahan apakah calon suami saya harus menyiapkan berkas lain?dan apakah calon suami saya harus menyiapkan uang jaminan ?jumlahnya berapa?calon suami saya berasal dari amerika.mohon di kirim dalam versi bahasa ingrish ke email saya rita82tobing@gmail.com

Reema Jubaedah said...

Saya WNI wanita mau menikah dengan WNA pria asal Taiwan... Mas, Apakah untuk menikah di kedutaan Indonesia WNA harus membayar uang? dan yang saya tau sebesar 12 juta.. tolong atas informasi mengenai biaya ini ke email saya reema9v@gmail.com teimakasih

Anonymous said...

Saya mau tanya, saya pria wni bila menikah dengan perempuan wna australia, apakah saya secara otomatis bisa langsung menjadi wna australia? Tolong kirim balasannya ke dedi_dharmasuci@yahoo.com thanks

Aurelia said...

Terima kasih informasinya. Saya jg sedang bingung dg prosedur nikah beda negara. Calon suami saya orang Inggris dengan status duda mati dengan 1 anak. Apakah statusnya ini akan menimbulkan masalah bila kami ingin menikah di Indonesia? Mohon penjelasannya lebih detail dalam bahasa Inggris agar bisa dipelajari lebih lanjut ke email saya lovely.lol.lady@gmail.com Terima kasih.

Anonymous said...

+ buy generic cialis online
+ [url=http://buycialisonlinetoday.com/#lwww.blogger.com] buy cialis no prescription
[/url] http://buycialisonlinetoday.com/#6139 + generic cialis online no prescription

Anonymous said...

buy herbal viagra
- [url=http://buyherbalviagratoday.com/#33743]herbal viagra alternative
[/url] http://buyherbalviagratoday.com/#89284 - buy herbal viagra

Anonymous said...

-- cialis online
-- [url=http://buycialisonlinetoday.com/#20798] cialis no prescription
[/url] http://buycialisonlinetoday.com/#21536 -- cialis online

Anonymous said...

+- buy cialis online
-- [url=http://buycialisonlinetoday.com/#88136] generic cialis usa
[/url] http://buycialisonlinetoday.com/#45342 -- buy generic cialis usa

Anonymous said...

Saya (WNI, katolik) akan menikah dengan WNA (China, non-katolik). Kami sudah menikah sah di catatan sipil china tapi belum lapor ke KBRI di china. Yang saya mau tanyakan, apakah bisa kami menikah secara katolik di Jakarta? email saya lyvangels@hotmail.com

Anonymous said...

[url=http://onlinecasino4nl.com ]casino spellen [/url]raised on a New York roof-garden. Another thing I want to speak of is obtained, Mr. Blyth walked expectant, with the elastic skip peculiar nederlands casino online

Anonymous said...

howtogetviagra
[url=http://genericcialis-us.com/#wwww.blogger.com]generic cialis
[/url] cialis 10mg or 20mg joined
http://genericcialis-us.com/#90632 - male ed

tya dewi said...

salam kenal..namaku dewi mau tanya apa benar bila menikah dengan WNA italy harus memberi jaminan 500 juta dan jaminan itu diberikan pada siapa dan apabila WNA itu tidak memiliki uang bagaimana solusinya Terimakasih atas jawabannya. tolong jawab kenal tyadewi.td@gmail.com..terimakasih blognya

tya dewi said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

bagaimana caranya kalau saya mau bawa anak-anak dari pernikahan sebelumnya untuk tinggal di Jepang setelah saya menikah dengan orang Jepang

Anonymous said...

tolong kirim infonya di email saya, agar saya bisa pelajari thank's yaa...
diozia83@gmail.com

Anonymous said...

tolong kirim infonya di email saya, agar saya bisa pelajari thank's yaa...
diozia83@gmail.com

ayu said...

Terima kasih infonya mas, dan saya mau tanya nih.
1.Bagaimana kalau calon suami yang WNA sudah pensiun...apakah ada syarat atau dokumen lain yang harus disertakan ?
2.Dan kalau calon suami masih di negara nya dapatkan saya mendaftarkan akan menikah di KUA...
terima kasih ya mas

ayu said...

Terima kasih infonya mas, dan saya mau tanya nih.
1.Bagaimana kalau calon suami yang WNA sudah pensiun...apakah ada syarat atau dokumen lain yang harus disertakan ?
2.Dan kalau calon suami masih di negara nya dapatkan saya mendaftarkan akan menikah di KUA...
terima kasih ya mas
email saya : ayu_w01@yahoo.com
blog :
http://about-ourlove.blogspot.com

mustika Mustika said...
This comment has been removed by the author.
mustika Mustika said...

Jelas kagak bisa, gak gampang menikah dgn WNA:)

mustika Mustika said...

Jelas kagak bisa, gak gampang menikah dgn WNA:)

Anonymous said...

Saya juga nikah beda agama dengan pria inggris dijakarta gampang kok

Anonymous said...

Hi,

bisa minta infonya apa yang perlu saya ketahui untuk pernikahan dengan WNA ?
Bila menikah dengan WN Malaysia apakah harus catatan sipil di Malaysia? Apa perbedaan bila catatan sipil di Indonesia dan di Malaysia ?
apakah bisa catatan sipil di 2 negara ?
Mohon sekali infonya.
febe_go@yahoo.co.id

Thanks.

Yulisya Iskandar said...

Dear Mas Faiz,

Saya warga negara Indonesia, dan tunangan saya adalah anggota militer US (US Air Force) dan mohon advice-nya apa saja yang kita perlukan untuk bisa menikah secara resmi dikedua belah pihak negara.
Terima kasih Mas dan saya tunggu advicenya di yulisya.iskandar@gmail.com