Sunday, September 17, 2006

Constitutional Complaint dan Hak Asasi Manusia

MENABUR BENIH CONSTITUTIONAL COMPLAINT
Oleh: Pan Mohamad Faiz, S.H.
PENDAHULUAN

Konstitusi bangsa Indonesia secara tegas menyatakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara Hukum (Rechtstaats). Menurut pemikiran Friedrich Julius Stahl, salah satu unsur yang dimiliki oleh negara hukum adalah pemenuhan akan hak-hak dasar manusia (basic rights/fundamental rights).
Agar dapat selalu mengikuti perkembangan dan pemenuhan akan hak-hak dasar manusia, maka sebuah konstitusi haruslah mempunyai aspek yang dinamis dan mampu menangkap fenomena perubahan sejarah (historical change), sehingga dapat menjadikannya sebagai suatu konstitusi yang selalu hidup (living constitution).

Konstitusi sebagai hukum dasar yang utama dan merupakan hasil representatif kehendak seluruh rakyat, haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh di setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, prinsip yang timbul adalah setiap tindakan, perbuatan, dan/atau aturan dari semua otoritas yang diberi delegasi oleh konstitusi, tidak boleh bertentangan dengan basic rights dan konstitusi itu sendiri. Dengan kata lain, konstitusi harus diutamakan, dan maksud atau kehendak rakyat harus lebih utama daripada wakil-wakilnya.

PENGAWAL KONSTITUSI

Hasil amandemen ketiga UUD 1945, telah melahirkan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai pengawal konstitusi (the guardian of the constitution), yaitu Mahkamah Konstitusi (Mahkamah) yang mempunyai kedudukan setara dengan Mahkamah Agung, berdiri sendiri, serta terpisah (duality of jurisdiction) dengan Mahkamah Agung.

Dalam menjalankan fungsinya mengawal konstitusi, berdasarkan Pasal 24C UUD Negara RI Tahun 1945 juncto Pasal 10 Undang-undang No. 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, Mahkamah mempunyai 4 (empat) kewenangan dan 1 (satu) kewajiban dengan perincian sebagai berikut: menguji undang-undang terhadap UUD (judicial review), memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD (disputes regarding state institution’s authority), memutus pembubaran partai politik (political party’s dissolution), dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum (disputes regarding General Election’s result); dan wajib memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana lainnya, atau perbuatan tercela, dan/atau pendapat bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden (pemakzulan atau impeachment).

Kini yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan kewenangan yang dimilikinya saat ini, Mahkamah telah mampu menjalankan fungsinya untuk mengawal konstitusi termasuk di dalamnya terhadap basic rights atau fundamental rights setiap rakyat Indonesia?

Terhadap hal tersebut, hemat penulis, nampaknya masih terdapat satu hal mendasar yang masih mengganjal di benak para pencari keadilan, yaitu belum terbukanya fungsi Mahkamah selaku lembaga yang dapat menampung dan menyalurkan keluh kesah (personal grievance) atau pengaduan konstitusional sebagai upaya hukum yang luar biasa dalam mempertahankan hak-hak konstitusional bagi setiap individu warga negara, atau lebih dikenal dengan istilah constitutional complaint.

CONSTITUTIONAL COMPLAINT

Wacana mengenai kemungkinan diberikannya fungsi pengaduan konstitutisonal (constitutional complaint) kepada Mahkamah bukanlah hal yang baru. Berbagai artikel yang pernah ditulis oleh pakar-pakar hukum dan beberapa pertimbangan hukum putusan Mahkamah Konstitusi, secara tersirat telah memberikan sinyalemen bahwa kebutuhan akan fungsi constitutional complaint merupakan suatu keniscahyaan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi.

Hal yang demikian janganlah kita aggap sebagai pemikiran dari suatu judicial activism yang berlebihan. Sebab, hasil penelusuran penulis terhadap surat-surat maupun permohonan yang diterima oleh Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi selama tahun 2005, sedikitnya terdapat 48 surat ataupun permohonan yang dapat dikategorikan sebagai bentuk constitutional complaint atau sejumlah 3 (tiga) kali lipat permohonan judicial review pada tahun yang sama.

Bahkan, karena begitu pentingnya fungsi pengaduan konstitusional terkait dengan penegakan konstitusi dengan aras yang lebih konkret dan langsung mengenai kepada setiap warga negara, 2 (dua) orang Hakim Konstitusi dalam dissenting opinion-nya pada Putusan Nomor 001/PUU-IV/2006 mengenai perkara Badrul Kamal, terlepas dari putusan akhir dari keduanya, kali ini secara tegas dapat dikatakan telah mulai menanamkan benih-benih constitutional complaint dengan cara melakukan penafsiran bahwa Mahkamah seharusnya dapat menampung pengaduan konstitusional (constitutional complaint) atas pelanggaran hak-hak konstitutional warga negara karena sesungguhnya telah memiliki dasar hukum yang cukup berdasarkan prinsip-prinsip konstitusi yang terdapat dalam UUD 1945.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Genhard Dannemann dalam bukunya “Constitutional Complaints: The European Perspective” menyimpulkan bahwa kewenangan constitutional complaint yang sebelumnya hanya dimiliki oleh beberapa negara Eropa, kini sudah berkembang pesat dan telah diadopsi hampir di seluruh negara-negara Eropa Tengah dan Timur.
Salah satu Mahkamah Konstitusi yang pertama kali menerapkan dan mengembangkan kewenangan constitutional complaint adalah Mahkamah Konstitusi Federal Jerman (Bundesverfassungsgerichts). Kewenangan yang didasari pada Pasal 93 ayat (1) butir 42 Grundgesetz Bundersrepublik Deutchland tersebut, menurut Jutta Limbach, merupakan kewenangan terpenting yang kini dimilki oleh Bundesverfassungsgerichts, dimana hingga saat ini lebih dari 146.539 permohonan telah diperiksa oleh Bundesverfassungsgerichts dan 141.023 diantaranya adalah permohonan mengenai constitutional complaint.

Contoh kasus constitutional complaint yang cukup terkenal di Jerman yaitu mengenai tuntutan soal larangan penyembelihan hewan karena dinilai bertentangan dengan undang-undang tentang perlindungan hewan. Masyarakat muslim Jerman yang merasa berkeberatan mengajukan hal ini ke Bundesverfassungsgerichts karena dinilai bertentangan dengan kebebasan menjalankan agama. Sebab, ajaran Islam justru mewajibkan hewan disembelih terlebih dulu sebelum halal dimakan. Mahkamah Konstitusi Federal Jerman mengabulkan tuntutan itu dengan alasan kebebasan beragama adalah sebuah soal yang diatur dalam konstitusi, sedangkan larangan penyembelihan hewan hanya berada pada wilayah ketentuan di bawah undang-undang dasar.

Di benua Afrika, salah satu negara yang juga mempunyai Mahkamah Konstitusi dengan memiliki kewenangan constitutional complaint yaitu Afrika Selatan. Menurut Deputy Chief Justice, Monseneke, pelayanan terhadap constituional complaint di Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan dalam setahun terakhir ini telah tercatat berjumlah 570 perkara. Sedangkan di Asia, Korea Selatan adalah negara yang sudah lama menerapkan constitutional complaint (HUN-MA dan HUN-BA) sebagai salah satu kewenangan Mahkamah Konstitusinya berdasarkan Pasal 68 ayat (1) dan (2) The Constitutional Court Act of Korea. Data yang berhasil dihimpun oleh penulis, tidak kurang sebanyak 11.679 perkara constitutional complaint telah diperiksa oleh Mahkamah Konstitusi Korea. Kemudian beberapa negara lainnya yang juga memiliki kewenangan serupa yaitu Azerbaijan, Bavaria (Pasal 66 Constitution of The State of Bavaria), Kroasia (Bagian kelima Pasal 62 s/d 80 The Constitutional Act on the Constitutional Court of the Republic of Croatia), dan masih banyak lagi.

POST SCRIPTUM

Mengagungkan pengakuan basic rights tanpa perlindungan atau mendengung-dengungkan perlindungan tanpa tersedia upaya hukum yang cukup adalah sama-sama pengingkaran terhadap pengakuan dan perlindungan basic rights setiap warga negara. Oleh sebab itu, haruslah dikembangkan pemikiran mengenai kemungkinan perluasan kewenangan constitutional complaints atau pengaduan konstitusional yang berkaitan dengan basic rights setiap indvidu kepada Mahkamah Konstitusi.

Dengan demikian, akan terselenggara pemerintahan yang demokratis dibawah rule of law dengan adanya perlindungan konstitusional, dalam arti bahwa konstitusi selain menjamin hak-hak individu, juga menentukan pula cara prosedur untuk memperoleh perlindungan atas hak-hak yang dijamin tersebut, sebagaimana yang dikembangkan oleh Roscoe Pound dalam hal hukum sebagai alat perekayasa sosial (law is a tool of social engineering).

Namun yang perlu dijadikan catatan di sini, budaya kesadaran berkonstitusi bangsa ini juga harus mulai ditumbuhkembangkan, seiring dengan kesiapan dari Mahkamah itu sendiri dalam menerima, mengadili, dan memutus setiap permohonan constitutional complaints yang masuk kepadanya.

Seyogyanya jika instrumen ini telah nyata menjadi salah satu kewenangan Mahkamah, maka dapat kita prediksi bahwa Mahkamah akan kebanjiran permohonan mengenai constitutional complaint, sebab hingga saat ini disinyalir begitu banyak hasil warisan kebijakan publik yang dianggap telah melangkahi basic rights warga negara Indonesia.

Sebagai perbandingan, menurut keterangan Prof. DR. Dieter Umbach di sela-sela dialognya yang bertema ”The Constitutional Complaint at The Constitutional Court” di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada November yang lalu, negara Jerman yang relatif stabil di dalam sistem ketatanegaraannya, hampir setiap tahunnya masih harus memeriksa kurang lebih 5.000 permohonan constitutional complaints. Maka dapat kita bayangkan, dalam mengejar angan tersebut, selain membutuhkan kesiapan yang cukup matang, sebenarnya sangat membutuhkan dukungan dari berbagai stakeholder bangsa ini. Oleh karena itu, sebagai batasannya, menurut penulis sebaiknya permohonan constitutional complaint baru dapat diperiksa jikalau upaya-upaya hukum yang tersedia telah habis (exhausted).

Di sisi lain, dengan adanya instrumen constitutional complaint ini, maka lambat laun akan tercipta kesadaran di tengah-tengah masyarakat untuk membela diri di hadapan hukum ketika hak-hak dasar mereka dilanggar. Selain itu, berbagai kebijakan yang menyentuh ranah publik dan warga negara biasa, dengan sendirinya akan mempunyai kepekaan terhadap perlindungan dan pemenuhan basic rights atau fundamental rights bagi setiap individu masyarakat.
Berangkat dari seluruh uraian di atas, menjadi pertanyaan sekarang adalah mungkinkah di masa yang akan datang kita dapat menuai hasil constitutional complaint? Jawabannya akan ditentukan dari sejauh mana para pemimpin bangsa ini mampu memaknai seberapa urgent dan pentingnya kewajiban negara dalam melindungi basic rights setiap warga negaranya sendiri.

Wallahualam bish shawab.

PS : Tulisan ini pernah dimuat dalam Official Website of Sarwono (DPD), TheCeli Website, dan Koran Kedaulatan Rakyat.

Penulis adalah Peneliti
Institute of Indonesian Law and Government Development (IILGD),
Mantan Ketua Senat Mahasiswa dan Dewan Pers Mahasiswa
Fakultas Hukum Universitas Indonesia
(Contact: pm_faiz_kw@yahoo.com / http://jurnalhukum.blogspot.com.)

Daftar Pustaka:

  • Albert Hasibuan, Implikasi Amandemen Konstitusi dalam Pembangunan Hukum, Komisi Hukum Nasional 2005.
  • Arif Zaynalov, Constitutional Court of Azerbaijan.
  • Berita Mahkamah Konstitusi (BMK) Edisi No. 13 Nopember – Desember 2005.
  • Constitutional Court Act of Korea.
  • Constitutional Court Act of Germany.
  • Juridiction of the Constitutional Court of the Republic of Croatia.
  • Jutta Limbach, On the Role of the Federal Constitutional Court of Germany.
  • Genhard Danneman, Constitutional Complaints: European Perspective. International and Comparative Law Quarterly, 1994.
  • Prof. Jimly Asshiddiqie, Konstitusi dan Konstitusionalisme. KonPress 2005.
  • Prof. Laica Marzuki, Berjalan-jalan di ranah Hukum. KonPress 2005.
  • Refly Harun, Mahkamah Konstitusi dan Akses Keadilan, Justice for the Poor Project, World Bank.
  • dll.
  • 38 comments:

    Anonymous said...

    wah pak faiz, kalau ada yang mau memohon pakai mekanisme constitutional complaint, mungkin nggak ya akan diproses permnohonannya, mengingat adagium, hakim tidak boleh menolak memeriksa sesuatu yang tidak ada dasar hukumnya

    Pan Mohamad Faiz said...

    Tidak ada dasar hukumnya bisa kita bedakan menjadi dua: (1) Sama sekali tidak ada ketentuan yang menyinggung hal tersebut secara langsung; (2) Tidak ada ketentuan namun disinggung secara langsung, dalam hal ini dapat kita lihat dari kewenangan terbatas yang dimilik oleh MK.

    Mengenai diperiksa atau tidak, saya berkeyakinan perkara tersebut akan diperiksa. Namun, pertimbangan hukum dan akhir putusanlah yang akan menentukan apakah permohonan berdasarkan Constitutional Complaint (CC) ini menjadi kewenangan MK atau tidak.

    Analisa saya dalam hal ini, terdapat 2 cara untuk memasukan CC menjadi kewenangan MK. Pertama , melalui perubahan UUD 1945. Ini akan memakan waktu yang cukup panjang dan segenap masyarakat beserta legislator harus memahami dahulu substansi dari CC ini. Kedua , melalui apa yang dinamakan judicial activism para Hakim MK. Melalui pertimbangannya secara tidak langsung mereka dapat mengambil alih kewenangan tersebut dengan berdasar pada UUD sebagai hukum tertinggi tidak dapat disimpangi dan bertentangan dengan atau oleh peraturan perundang-undangan atau tindakan apapun. Tetapi cara yang kedua ini lebih beresiko dan akan menemukan tantangan yang cukup berat.

    Saat ini belum banyak yang memahami mengenai CC, begitu pula dengan Constitutional Question (CQ) yaitu permohonan dari MA dan pengadilan lainnya kepada MK mengenai konstitutional-tidaknya suatu peraturan perundang-undangan yang sedang digunakan dalam berperkara.

    Karena itulah, sejak tahun 2005 saya mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, sehingga jika suatu hari terjadi perubahan sistem ketatanegaraan, bangsa ini tidak "terkejut" seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya. Dan sepertinya beberapa hakim sudah mulai melakukan pencerahan dan menuju ke arah yang sama, sebagaimana dimuat dalam beberapa dissenting opinion putusan MK.

    Salam,
    PMF

    Anonymous said...

    Ada dua sebab kenapa mekanisme Constitutional Complaint nggak ada dipakai (1) mungkin belum kepikiran (2)para lawyer Indonesia kurang kreatif termasuk LBH (he..he...he...) Sementara kalau coal Contitutional Question menurutku karena hakim-hakim dibawah MA rada-rada sombong (ini menurutku loh) dan merasa sudah pada pintar meski putusannya sering kali hanya sampai pada aspek normatif saja tetapi tidak berani untuk membuat tafsiran baru dari sebuah ketentuan UU.
    Lihat kasus penghinaan terhadap Presiden, hakim kan tidak membuat suatu tafsiran atau definisi dari penghinaan. Ini artinya pada umumnya hakim-hakim di bawah MA perlu diganti dengan orang-orang seperti PMF

    Pan Mohamad Faiz said...

    Ini artinya pada umumnya hakim-hakim di bawah MA perlu diganti dengan orang-orang seperti PMF

    Salah satu yang saya ketahui, orang yang seperti saya atau bahkan di atas saya itu bernama Pak Anggara.

    Good Luck Justice Anggara Suwahju. :)

    Anonymous said...

    walah justice PMF, namaku Anggara, ini yang tercatat di akte...

    Anonymous said...

    to the point saja. justru kalau menurut saya constitusional cmplaint cenderung tidak efisien. maka menurut saya lebih baik di buat lembaga tersendiri yang tentunya harus independent, yang mana fungsinya menampung constitusional complain warga negara yang merasa dan diduga di langkahi "basic rightnya", lalau di lembaga tersebut di simpulkan kasus yang serupa.

    Anti Login said...

    ini dia yang aku cari2 :D btw salam kenal... saya sedang mengkampanyekan Blogspot Template 2010.
    mohon dukunganya... terima kasih

    filsafat hukum said...

    sesama blogger hukum kita pak.

    zaka Firma Aditya said...

    Assalamualaikum..
    Saya Zaka FA, Mahasiswa FH UNNES jurusan HTN/HAN.
    keren banget pak artikelnya, boleh tidak saya minta referensi bacaan terkait artikel tadi baik dalam bentuk PDF maupun E-book. Soalnya saya lagi tertarik sama masalah2 constitution complain sama constitution Question..
    Thanks

    vimax said...

    terima kasih infonya

    alat bantu sex said...

    nice post

    obat kuat said...

    mantap

    alat bantu sex said...

    oke

    sex toys said...

    sip

    anabolic rx24 asli said...

    nice blog

    extenze said...

    THANK YOU for his article bro, this is very helpful and useful
    I hope to see your other articles

    Obat Pembesar Penis
    Extenze
    Extenze Asli
    Extenze
    Extenze

    hammer of thor asli said...

    http://Greetings admin
    I like your topic, after reading your article very helpful at all and can be a source of reference
    I will wait for your next article updates
    Thank you, for sharing

    hammer of thor
    hammer of thor asli
    hammer of thor italy
    hammer of thor original
    obat hammer of thor
    jual hammer of thor
    obat pembesar penis
    ciri hammer of thor asli
    -ofthor.com

    ciri ciri titan gel asli said...

    thanks

    manfaat dan khasiat titan gel said...

    thanks bos

    obat pembesar penis titan gel asli said...

    ok.thanks

    penirum said...

    bagisss

    vimax said...

    good

    erogan asli said...

    thanks

    testo ultra said...

    good

    obat pembesar penis said...

    good

    extenze said...

    thakns

    bathmate hydromax xtreme said...


    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    proextender said...


    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    vakum penis said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    titan gel said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    Klg Asli said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    testo ultra said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    penirum said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    vimax said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    hammer of thor said...

    thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

    yanmaneee said...

    timberland outlet
    yeezy boost 350 v2
    air max 2018
    longchamp bags
    curry 5
    golden goose
    golden goose outlet
    timberland
    hermes online
    adidas ultra

    menyentuh wanita said...

    wah gokil artikelnya

    tooslason said...

    replica bags nancy replica hermes bags e7z17r9u45 7a replica bags philippines replica bags by joy replica gucci h9l69g5j63 replica bags uk Our site o3q36j8b21 Louis Vuitton fake Bags replica bags in gaffar market v2e83f5x84